Kasubdit GTK Madrasah MA/MAK Dr. Anis Maskhur, S.Ag., M.A.

Serpong (Pendis)-- Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, Direktorat GTK Madrasah menghelat The 1st International Symposium on Education (ISOE) 2021 dengan tema “The Inspiration of Changes” yang disiarkan langsung melalui channel YouTube GTK Berbagi. Kegiatan ini merupakan salah satu mata rantai dari rangkaian kegiatan menyemaraklan HGN 2021.

Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain menegaskan, para guru madrasah bisa menjadi lebih baik dan berkualitas serta berkembang dengan optimal jika diberi ruang untuk berekspresi. Symposiun ini diharapkan dapat menjadi wadah aktualisasi dan kreasi para guru.

Mengawali simposium ini adalah orasi Kasubdit Bina GTK MA/MAK, Dr. Anis Masykhur, S.Ag. MA sebagai keynote speaker membahas tentang kesiapan Madrasah menghadapi revolusi industri 4.0. ”Madrasah harus mempersiapkan diri untuk bertransformasi menuju madrasah digital," ujarnya.

Literasi digital harus dapat melahirkan peserta didik yang sapat mengendalikan teknologi, bukan yang dikendalikan teknologi. "Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut, para pendidik harus memahani pendekatan TPACK dalam proses pembelajaran,"  terangnya lebih lanjut.

Direktur Program INOVASI Mark Heyward, yang dihadirkan sebagai salah satu keynote speaker dalam cara ini mengungkapkan, membangun sistem pendidikan dapat dilakukan dengan memproyeksikan lulusan sesuai dengan kebutuhan masa mendatang. 

Dalam makalah berjudul “Towards a World Class Education System” ia menyampaikan, kualitas pengajaran dan pembelajaran harus terus bergerak agar mampu membentuk peserta didik yang memiliki kecakapan hidup sesuai tuntutan zaman.

Narsumber lainnya adalah seorang guru Kimia dari Tiongkok, Bayou Li. Peraih gelar doktor dari Bremen University ini berbagi pengalaman tentang mengajar Kimia yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Antusiasme para guru mengiikuti kegiatan ini dapat terlihat dari jumlah makalah yang dikirimkan.Ketua Panitia ISOE 2021, Suyitman menyampaikan bahwa peserta yang mendaftarkan diri untuk presentasi hasil risetnya  sebanyak 153 orang. Namun yang berhasil mengirim naskah lengkap sebanyak 140 orang. Dari naskah yang sudah masuk, terpilih 20 naskah terbaik untuk dipresentasikan.

Kegiatan ISOE 2021 diikuti oleh guru dan tenaga kependidikan dari madrasah maupun sekolah yang dihelat selama 3 hari,  tanggal 24-26 November 2021. (DRN/n15)