Kasubdit GTK Madrasah Bina MI dan MTs Ainurrofiq

Serpong (Pendis) -- Kementerian Agama, melaui Diretorat Guru dan Tenaga kependidikan (GTK) Madrasah meyiapkan soal pre-test Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022. 

Para penyusun soal dan reviewer dikarantina selama lima hari untuk menyelesaikan soal tersebut.

Sebelumnya Direktorat GTK Madrasah juga sudah menyelesaikan beberapa paket soal rumpun mata pelajaran agama Islam pada madrasah. Penyusunan soal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan seleksi akademik pada tahun 2022, mengingat menipisnya “stok” long list peserta yang memenuhi ketentuan.

Kasubdit GTK Madrasah Bina MI dan MTs, Ainurrofiq menginformasikan bahwa daftar long list calon peserta PPG yang memenuhi ketentuan harus direkrut ulang melalui proses seleksi akademik. Jadi, seleksi akademik tersebut dalam rangka menjaring calon peserta PPG yang baru.

”Seleksi akademik akan dilaksanakan awal tahun tahun depan, sehingga mereka yang lulus dapat langsung ikut PPG pada tahun itu juga”, ujar Rofik menginformasikan. ”Tahun depan Kementerian Agama juga akan menyelenggarakan seleksi akademik secara mandiri, berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih menumpang di Kementerian lain”, tutur Rofiq.

Maka, tahun ini harus sudah tersedia. Beberapa kegiatan dan pertemuan sengaja dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tutup Rofiq.

Sekretaris Nasional PPG Kementerian Agama, Anis Masykhur, menjelaskan bahwa seleksi akademik merupakan amanat undang-undang, sehingga harus dilaksanakan untuk memetakan kemampuan calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG). “Dengan dasar itulah, kita memiliki data kompetensi guru yang terstandar,” lanjutnya.

Disampaikan juga bahwa selain paket soal mata pelajaran umum, Kementerian Agama melalui tim penyusun soal dan reviewer juga sudah menyelesaikan penyediaan soal seleksi akademik untuk mata pelajaran rumpun agama.

Penyelesaian paket soal ini juga akan menjadi “hadiah” peringatan Hari Guru Nasional, yang bertepatan dengan tanggal 25 November 2021, Pungkas Anis.

Proses penyusunan soal tersebut diformat dalam Kegiatan Penyusunan dan Review Soal seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Angkatan III yang diikuti oleh beberapa Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah, Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Panitia Nasional PPG Kementerian Agama RI. Kegiatan tersebut digelar sejak tanggal 21-25 November 2021 di Sapphire Sky Hotel & Conference Serpong.