Senin, 24 April 2017






Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah PTKI, Diktis Keluarkan Surat Instruksi

Foto

Jakarta (Pendis) - Dalam rangka peningkatan mutu publikasi ilmiah di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menuju rekognisi internasional, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam mengeluarkan surat instruksi. Instruksi tentang publikasi ilmiah rekognisi internasional tersebut diharapkan menjadi panduan dalam pengembangan publikasi ilmiah di lingkungan PTKI.

Surat instruksi tersebut berisi antara lain: 1) setiap penerbitan jurnal harus sudah Open Journal System (OJS) dan terdaftar pada portal Moraref (Ministry of Religious Reference) pada laman mora.ref.or.id, 2) untuk akses Moraref, OJS harus diperbarui (update) sesuai dengan aplikasi/sistem mutakhir, sekurangnya OJS 2.7.4. Selain itu, dalam surat tersebut tertulis bahwa 3) setiap PTKI harus menyediakan server dan perangkat pendukungnya secara bertahap disertai dengan bandwidth yang memadai; 4) setiap PTKI harus mempunyai repository. Institutional repository harus disediakan untuk karya ilmiah sivitas akademika dan terkoneksi dengan onesearch.id. Surat instruksi tersebut dapat diakses melalui laman berikut : http://diktis.kemenag.go.id/NEW/file/dokumen/3214897306962690ektur.pdf.

Sebagai informasi, Moraref adalah portal akademik yang diinisiasi oleh Kementrian Agama untuk mendorong dan membantu digitalisasi dan indeksasi jurnal ilmiah di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Saat berita ini diturunkan, Moraref sudah memuat kurang lebih 537 jurnal yang dapat diakses secara online. Untuk mengakses portal moraref, dapat dibuka melalui website http://moraref.or.id/. (wildan/dod).

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan DIKTIS | Tanggal: 20-03-2017 21:03



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.002464 detik