Kamis, 30 Maret 2017






Kementerian Agama Gelar Lomba Riset Madrasah

Foto

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama RI melalui unit kerja teknisnya, Direktorat Pendidikan Madrasah (Ditpenma), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mulai minggu lalu, 01 Februari 2017 telah membuka pendaftaran Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Berbasis Riset. Pendaftaran yang akan ditutup pada akhir bulan ini, 28 Februari 2017, dikhususkan untuk murid Madrasah Aliyah (MA).

"Disamping sebagai lembaga pendidikan yang mempelajari ilmu agama Islam yang bersifat ukhrawi, tafaqquh fi addin, murid madrasah juga dituntut untuk menjadi manusia sempurna (insan kamil) dengan mempelajari ilmu-ilmu duniawi. Berpikir kritis-ilmiah dan memecahkan masalah adalah salah tujuan belajar di madrasah. Lomba Karya Tulis Ilmiah ini hanyalah salah satu stimulus dari kegitan penelitian dan belajar di madrasah," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Moh. Isom Yusqi, dalam menanggapi diselenggarakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional yang digawangi oleh Sub Direktorat (Subdit) Kesiswaaan-Ditpenma ini.

Gelaran LKTI yang akan berlangsung bersamaan dengan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2017 di Kota Yogyakarta ini, lanjut alumnus MAN I Malang-Jawa Timur ini, diharapkan akan ada efek yang signifikan khususnya bagi murid madrasah. "Dengan adanya LKTI Berbasis Riset yang diselenggarakan secara istiqomah ini maka diharapkan; pertama, ide kreatif murid madrasah bisa ditumbuhkan yang ditindaklanjuti dengan penelitian dan dituliskan dalam bentuk karya tulis yang berkualitas. Kedua, memaksimalkan potensi intektual dalam rangka menciptakan generasi penerus yang produktif dan inovatif," kata guru besar IAIN Ternate ini.

Dalam rangka memudahkan pendaftaran dan berbagai hal yang berkenaan dengan teknis LKTI, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan "Petunjuk Teknis (Juknis) LKTI Siswa Madrasah Berbasis Riset Tahun 2017. Menurut catatan Direktorat Pendidikan Madrasah, LKTI MA ini dikelompokkan dalam 3 (tiga) bidang lomba; pertama, Bidang Ilmu Pengetahuan Alam meliputi; Astronomi, Fisika, Biologi, Kimia, Teknologi dan Matematika. Kedua, Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu Ekonomi, Sejarah, Budaya, Psikologi dan Sosiologi antropologi. Dan ketiga, Bidang Ilmu Keagamaan meliputi ; Qur`an hadits, Akidah Akhlaq, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Mengenai teknis pra lomba, setelah mendaftarkan diri menjadi peserta lomba, calon peserta LKTI harus menunggu sampai pada awal bulan April. Seleksi administrasi akan dilakukan selama bulan Maret sedangkan hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada awal bulan April. Untuk peserta yang lolos seleksi administrasi, selanjutnya disebut event lomba, peserta lomba harus mengirimkan naskah hasil penelitian berupa karya tulis ilmiah dalam format MS Word ke alamat email: lktimadrasahnasional@gmail.com pada tanggal 3 Juli s/d. 14 Juli 2017. Hard Copy-nya pun harus dikirim via pos selambat-lambatnya 10 Juli 2017 (cap pos) ke PANITIA LKTI 2017, Subdit Kesiswaan Lantai VI, Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat. (@viva_tnu/dod)

Silahkan Download :
Petunjuk Teknis LKTI Siswa Madrasah Berbasis Riset 2017

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan Madrasah | Tanggal: 09-02-2017 13:47



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.002393 detik