Berita Pendidikan Islam

Kemenag Minta Guru PAI Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan


Foto

Bogor (Pendis) --- Guru dituntut untuk menciptakannya pembelajaran efektif, sehinga suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Dalam mengajar, guru tidak hanya fokus pada hasil yang dicapai peserta didik, melainkan yagn petning juga memberikan penekanan pada penjelasan yang baik, mengayomi, dan membuka kesempatan luas untuk mengeksplorasi potensi.

Demikian disampaikan Kasubdit PAI pada SD/SDLB Ilham, dalam Workshop Penguatan Kurikulum dan Pembelajaran, Rabu (08/09/2021) di Hotel Travello Kota Bandung, Jawa Barat. Workshop berlangsung selama tiga hari diikuti oleh guru PAI dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Guru bertanggung jawab menciptakan pembelajaran menyenangkan sehingga peserta didik tidak bosan di kelas. Selain menguasai metode, guru harus juga bisa menjelaskan pelajaran dengan baik,” tegas Ilham.

Belajar adalah upaya untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan kemampuan, dan menerima hal baru sesuai tujuan. Belajar adalah proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru terhadap peserta didik untuk perubahan perilaku dan peningkatan pengetahuan.

Menurut Ilham, guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan proses pembelajaran di kelas. Efektivitas pembelajaran itu sangat bergantung kepada kemampuan guru menerapkan strategi pembelajran.

Guru tidak cukup hanya menguasai metode pembelajaran, tetapi juga dituntut untuk menguasai strategi pembelajaran. Dalam pandangan Ilham, salah satu cara  membantu peserta didik adalah memilih dan menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dengan strategi tepat guru berusaha membantu menggali dan mengembangkan potensi peserta didik secara terus-menerus.

“Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana, cara pandang, dan pola pikir guru dalam mengorganisasikan isi pelajaran, penyampaian pelajaran, dan pengelolaan kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran,” tegas Ilham.

Ilham menyebutkan bahwa strategi pembelajaran berkaitan erat dengan penguasaan materi, metode yang dapat digunakan, dan bentuk evaluasi yang tepat untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Ilham menyarankan agar guru mengembangkan strategi pembelajaran guna menciptakan pembelajaran menyenangkan. Guru harus kreatif dalam menggunakan metode dan menguasa materi ajar untuk memungkinkan meningkatnya kualitas perilaku dan pengetahuan peserta didik. (Yanto/Mar)

Diupload oleh : MAR (-) | Kategori: Kegiatan PAIS | Tanggal: 12-09-2021 20:27