Berita Pendidikan Islam

PAI PAUD/TK Instrumen Utama Pembentukan Karakter Anak


Foto

Bogor (Pendis) - Pendidikan Agama Islam (PAI) pada PAUD/TK berperan sebagai instrumen dalam mentransformasikan nilai-nilai pembentuk karakter anak didik. PAI merupakan bagian dari pendidikan karakter. Pendidikan karakter sudah mulai ditanamkan sejak usia dini. "PAI harus menjadi instrumen dalam pembentukan akhlak anak-anak (didik) kita," ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin, di hadapan 60 (enam puluh) peserta Workshop Pengembangan Program PAI pada PAUD dan TK, Rabu (11/04) di Bogor.

Peserta kegiatan terdiri dari unsur GPAI TK dan pengawas PAI, perwakilan 17 (tujuh belas) provinsi di Indonesia. Kegiatan dengan agenda "Pengembangan Program PAI PAUD/TK dan Pelaksanaan Supervisi PAI pada Direktorat PAI" teresebut diadakan oleh Ditjen Pendis, melalui Subdit PAI pada PAUD dan TK Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI), tanggal 11 s/d 13 April 2018 di Bogor.

Kamaruddin melanjutkan, agar PAI dapat menjadi instrumen utama, GPAI TK harus menjadi teladan dan menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan di sekolah. Keteladanan dan suasana kondusif secara langsung akan menghasilkan pembelajaran PAI yang berkesan `impresif` bagi anak didik. Dengan pembelajaran yang impresif, nilai-nilai akhlak Islam akan tertanam dengan baik, hingga mereka dewasa. Maka, Selain itu, Kamaruddin mengajak GPAI dan Pengawas PAI untuk lebih banyak menerbitkan karya tulis. Baik, baik ilmiah maupun populer. Sebagai aktualisasi diri, hal ini akan meningkatkan kompetensi pribadi maupun professional. (sita/wahid/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Dirjen Pendis | Tanggal: 13-04-2018 07:44


Share dengan...