Berita Pendidikan Islam

Tarian Peumulia Jamee Akan Awali Pembukaan Pentas PAI 2017


Foto

Banda Aceh (Pendis) - Tarian Peumulia Jamee akan menjadi tari pembuka pada pembukaan Pentas PAI tingkat nasional ke-VIII di Provinsi Aceh. Pembukaan dipusatkan di lapangan taman Shulthanah Shafiatuddin.

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin menerangkan bahwa tarian Peumulia Jamee merupakan tarian sambutan selamat datang kepada para tamu.

"Tarian menggambarkan masyarakat yang bersahaja dalam menyambut tamu yang datang. Siapapun yang berkunjung ke Serambi Makkah, dibuat menjadi bagian dari masyarakatnya," ujar Saifuddin di sela-sela gladi bersih pembukaan di taman Shulthanah Shafiatuddin, Ahad (08/10).

Menurut Saifuddin, selain menampikan Tarian Peumulia Jamee, pembukaan juga menampilkan tari Rapa`i Geleng dan tari Rap`I Pasai. "Tarian ini melibatkan 500 penari siswa pilihan," tambah Saifuddin.

Tari Rapa`i Geleng dan tari Rap`i Pase, lanjut Saifuddin, merupakan sebuah tarian etnis Aceh yang melambangkan sikap keseragaman dalam hal kerjasama, kebersamaan, dan penuh kekompakan dalam lingkungan masyarakat. "Tarian ini mengekspresikan dinamisasi masyarakat dalam syair yang dinyanyikan," imbuhnya.

Saifuddin menambahkan, persiapan sudah 99%, semua komponen baik dari konsep pembukaan, tamu undangan, venue pameran, rekayasa lalulintas dan lain-lain, sudah siap semua. "Insya Allah, dapat dipastikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang membuka acara," terang Saifuddin.

Pentas PAI ke-VIII berlangsung selama sepekan, dari tanggal 9 sampai 14 Oktober 2017. (maryani/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan PAIS | Tanggal: 10-10-2017 04:22


Share dengan...