Berita Pendidikan Islam

3.200 Mahasiswa Baru UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Ikuti PBAK


Foto

Jambi (Pendis) - Tidak kurang dari 3.200 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). PBAK menjadi kewajiban seluruh mahasiswa baru sebagai amanat Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: 4962 Tahun 2016.

Rektor UIN Jambi, Hadri Hasan membuka acara PBAK secara resmi yang berlangsung pada tanggal 28 s/d 30 Agustus 2017. Hadri Hasan berbinar-binar rasa gembira menyambut mahasiswa baru yang disebutnya sebagai calon-calon pejuang Islam dan pemimpin Indonesia di masa depan. Hadri Hasan menuturkan kepada para mahasiswa baru kampus ini telah melewati perjalanan yang panjang sampai menjadi UIN. Mulanya kami hanya memiliki dosen puluhan dan bergelar S1. Baru pada tahun 1987 doktor pertama kami lahir. Kini tidak kurang dari 75 dosen telah bergelar doktor dari 314 dosen yang ada.

"Mestinya dengan kondisi saat ini para mahasiswa baru akan mempunyai kualitas 10 kali lipat dibanding pada saat kami dulu hanya dibimbing dengan dosen S1 dan S2," kenang Hadri Hasan menyemangati mahasiswa.

Setelah menjadi UIN, kampus yang cukup ternama di wilayah Sumatera ini mempunyai visi ingin menjadi kampus enterpreneurship kelas dunia. "Menjadi kewajiban bagi anda semua untuk mendukung visi besar kampus ini agar semua civitas akademika mewujudkan mimpi besar menuju kemandirian bangsa," katanya.

Ruchman Basori Kasi Kemahasiswaan Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama mengajak mahasiswa baru peserta PBAK UIN STS Jambi untuk mengambil bagian menyiapkan Indonesia Emas pada tahun 2045. "Kalian adalah calon-calon pemimpin yang kelak akan menjadi menteri, gubernur, bupati/walikota dan professional yang akan menjadi agen perubahan di negeri ini," kata Ruchman lantang. Untuk itu lanjut Ruchman tidak ada tidak ada cara lain kecuali meningkatkan kualitas intelektual, profesional dan kepekaan terhadap problem-problem di masyarakat.

Ruchman berharap agar para mahasiswa untuk teguh berjuang tidak putus asa mewujudkan mimpi-mimpinya di kampus ini. "Anda semua sudah tepat memilih menjadi bagian dari UIN Jambi yang akan dicetak sebagai professional yang moderat dan dibutuhkan bangsanya".

Pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor I Suaidi Asy`ari, Wakil Rektor II Marwazi dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Fadilah Husain, para Dekan serta segenap civitas akademika dan pimpinan organisasi kemahasiswaan intra kampus Dema, Sema, UKM dan HMJ.

Fadilah Husain Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan mengharapkan kepada mahasiswa baru untuk nantinya bisa menempa diri di kampus UIN Jambi dengan aktif memasuki berbagai organisasi kemahasiswaan. "Ormawa menjadi tempat aktualisasi diri berlatih kepemimpinan, mengasah bakat minat dan melatih pendewasaan diri," katanya. (Ruchman Basori/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan DIKTIS | Tanggal: 29-08-2017 19:10


Share dengan...