Berita Pendidikan Islam

Kemenag Percepat Peningkatan Kompetensi Pengawas PAI


Foto

Mataram (Pendis) - Sebagai salah satu upaya mempercepat peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah, Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dit. PAI) melalui Subdit PAI pada PAUD/TK kembali menyelenggarakan "Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum untuk Pengawas PAI" Angkatan ke-4 Tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 16 Agustus 2017 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya pelatihan sejenis telah berlangsung di Jawa Barat, Banten, dan Kalimantan Timur. Kegiatan pelatihan angkatan ke-4 ini diikuti oleh 60 orang pengawas PAI seprovinsi Nusa Tenggara Barat.

Kasubdit PAI pada PAUD/TK, Victoria Elisna Hanah menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini antara lain: (1) meningkatkan kompetensi pengawas PAI; (2) menyiapkan pengawas PAI untuk dapat menjadi tutor sesama pengawas PAI di wilayahnya; dan (3) memperkuat peran pengawas dalam melatih dan membina guru PAI secara baik.

Adapun ihwal peningkatan kompetensi dikhususkan dalam pengembangan kepengawasan; pemahaman terhadap K13 dan pengembangannya; penelitian tindak kepengawasan; dan penilaian pembelajaran. Kasubdit berharap, dengan pelatihan yang mengusung tema "Mewujudkan Pengawas PAI yang Mandiri dan Profesional," para pengawas PAI mampu menjadi garda terdepan dalam mengawal mutu PAI di sekolah umum.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kakanwil Kementerian Agama Prov. Nusa Tenggara Barat, Nasaruddin, mengatakan pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru merupakan tiga pilar penting dalam mewujudkan implementasi kurikulum. Efektifitasnya sangat bergantung pada kesesuaian kompetensi ketiganya dengan kebutuhan mewujudkan target yang diharapkan pada tingkat satuan pendidikan.

"Pelatihan merupakan kegiatan strategis yang perlu dilaksanakan untuk peningkatan kualitas dan kompetensi pengawas PAI yang perlu dibekali dengan pemahaman komprehensif terutama terkait dengan instrumen supervisi akademik dan penilaian berbasis kurikulum," ujarnya beberapa saat sebelum membuka cara secara resmi. (Sita/Wahid/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan PAIS | Tanggal: 16-08-2017 08:44


Share dengan...