Berita Pendidikan Islam

Gelaran Aksioma-KSM 2017 Untungkan Pedagang Dadakan


Foto

Yogyakarta (Pendis) - Kemeriahan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Madrasah Expo Tingkat Nasional Tahun 2017 yang telah dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di Stadion Krida Mandala Yogyakarta, Senin lalu (07/08), ternyata juga membawa berkah bagi sejumlah pedagang dadakan yang menjual barang dagangannya di tempat penyelenggaraan even nasional tersebut.

Selain keramaian peserta dan pendukung lomba di sekitar tempat pelaksanaan lomba, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, juga terlihat keramaian dan hiruk pikuk pedagang yang sibuk menawarkan dagangannya kepada para calon pembelinya. "Dipilih saja barangnya mba, murah dan bagus, cocok buat oleh-oleh," ujar seorang pedagang kaos yang bernama Andi (45) kepada semua orang yang melintasi lapaknya.

"Ini sudah kali ketiganya saya berdagang di even Aksioma-KSM. Pernah ikut waktu penyelenggaraan di Palembang dan Malang. Untungnya lumayan menjanjikan, saya berangkat bersama istri dengan naik bis, biasanya selama even, kami tidur di sekitar lapak kami sampai even selesai," tutur Andi sambil sesekali melayani pembeli yang menawar kaos berlogo even Aksioma-KSM.

Lain lagi dengan Suryo, yang terlihat berkeliling menjajakan kacamata kepada setiap orang yang ditemuinya di sekitar area lomba. "Alhamdulillah dari pagi saya keliling lumayan ramai pembelinya, omset saya hari ini sekitar 600 ribu. Senangnya kalau ada even begini hasil dagangannya banyak," ucap lelaki asal Sleman ini.

Di lapak pernak pernik Aksioma-KSM, tampak sejumlah siswa sedang antri menunggu giliran si pedagang menuliskan nama pada pulpen yang mereka pesan sebagai buah tangan buat teman-teman mereka. "Pulpennya bagus, bisa ditulis nama dan murah apalagi kalau beli banyak, dapet diskon katanya, semoga teman-temanku suka dengan pulpen ini," kata Rosita, salah satu siswa yang sedang menunggu pesanannya.

Ada banyak dagangan yang ditawarkan, seperti semua pernak-pernik Aksioma-KSM, aksesoris, mainan, makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dan lainnya. (hikmah58/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Umum | Tanggal: 11-08-2017 08:43


Share dengan...