Berita Pendidikan Islam

Sambut Mahasiswa Baru, Rektor IAIN Ponorogo Sosialisasikan PBAK


Foto

Ponorogo (Pendis) - Untuk mempersiapkan penyambutan mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018, IAIN Ponorogo menggelar sosialisasi Pedoman Umum Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada Kamis, (10/08) di kampusnya.

Siti Maryam Yusuf Rektor IAIN Ponorogo berharap kepada seluruh aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Eksekutif mahasiswaa (DEMA) dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang nantinya menjadi Panitia PBAK, agar memahami dengan benar system PBAK sebagaimana di atur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4962 Tahun 2016.

Sebelumnya Siti Maryam melantik Pengurus DEMA yang baru, Masa Khidmah 2017-2018. Kepada pengurus baru Siti Maryam berpesan agar para pimpinan organisasi kemahasiswaan tidak larut dalam aktivitas organisasi, sampai melupakan tugas-tugas akademik. "Saya Ingin diantara kalian juga bisa menjadi mahasiswa yang mempunyai Prestasi Akademik terbaik selain menjadi aktivis. Bagi mahasiswa aktivis yang mempunyai IPK terbaik, akan saya kasih hadiah dan itu dari kantong saya sendiri," tegas Maryam.

Ruchman Basori Kasi Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) mengatakan PBAK didesain agar para mahasiswa baru mengenal dengan baik sistem akademik, dunia kemahasiswaan dan tradisi pembelajaran di kampus PTKI. Melalalui PBAK, Ruchman Basori berharap agar mahasiswa senior bisa memanfaatkan momen itu untuk membekali mahasiswa baru dengan berpikir kritis, idealis dan mempunyai keberpihakan kepada yang lemah (kaum mustadhafin).

Karenanya para pimpinan mahasiswa harus menjadi modelling bagi adik-adiknya. "Anda semua harus menjadi model terbaik untuk adik-adik kalian. Penampilan fisik, performa intelektual dan karakter, moral dan akhlak terbaik," tandas Mantan Ketua I Senat Mahasiswa IAIN Walisongo itu. Tidak lupa atas nama Kementerian Agama Ruchman Basori menyampaikan program-progran pengembangan kemahasiswaan seperti sosialisasi konstitusi bagi mahasiswa PTKI, workshop deradikalisasi bagi mahasiswa PTKI, Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa, Kompetisi Pers Mahasiswa PTKI, Temu Dewan Eksekutif Mahasiswa, Bantuan Lembaga Kemahasiswaan dan lain-lain.

IAIN Ponorogo pada Tahun Akademik 2017/2018 menerima mahasiswa sejumlah 2.250 orang yang selanjutnya akan diwajibkan mengikuti PBAK pada bulan Agustus ini. Kegiatan Sosialisasi PBAK diikuti oleh Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan IAIN Ponorogo, yang terdiri dari Senat Mahasiswa, Dema, UKM/UKK dan Dema Faultas. Hadir dalam acara itu Saifullah Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Wakil Dekan III se-IAIN Ponorogo dan sejumlah dosen (RB/dod).

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Umum | Tanggal: 11-08-2017 00:00


Share dengan...