Berita Pendidikan Islam

Gelaran Seni dan Budaya Buka Gelaran Aksioma-KSM Tahun 2017


Foto

Yogyakarta (Pendis) - Kemeriahan pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Madrasah Expo Tingkat Nasional Tahun 2017 yang digelar di Stadion Krida Mandala Yogyakarta, Selasa (07/08) menampilkan banyak performa.

Tampak mengundang banyak decak kagum penonton saat seorang pedalang cilik, Fahri Shodiq (14) yang dengan piawai memainkan wayang kulit dengan lakon cerita Gatot Kaca Pupus Sayemboro diiringi dengan gamelan yang dimainkan siswa madrasah di Yogyakarta. Penampilan yang memang menarik karena sangat jarang seorang anak yang menyukai wayang apalagi sampai tertarik menjadi dalang. Fahri sendiri tercatat sebagai siswa kelas tujuh Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur`an Wonosari Kabupaten Gunung Kidul.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DI. Yogyakarta (DIY), Muhammad Lutfi Hamid mengaku sangat senang karena DIY dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan Aksioma, KSM, LKTI,dan Expo Madrasah Tahun 2017 ini. "Kami senang dan bersyukur dapat ikut menampilkan budaya tradisional yang ada di DIY, terlebih lagi langsung melibatkan anak madrasah," ujar Lutfi.

Selain penampilan Fahri, sebanyak 550 anak madrasah dari madrasah di wilayah provinsi DIY terlibat menarikan tarian kolosal yang berjudul "I Love Madrasah" di bawah arahan koreografer terkenal, Didik Nini Thowok yang juga ikut menari.

Kemeriahan malam pembukaan juga ditambah dengan kehadiran "Kyai Kanjeng", yaitu sebuah konsep nada pada alat musik tradisional gamelan yang digawangi oleh Emha Ainun Najib beserta istri, Novia Kolopaking dan group band "Neo Letto". Kyai Kanjeng membawakan lagu Islami dan Sholawat bahkan sempat mengajak sejumlah anak madrasah yang saat itu berada di dekat panggung untuk naik dan ikut melantunkan Sholawat besama. Novia juga bersama melantunkan beberapa lagu dengan suaranya yang merdu.

"Ini saya juga jemput anak saya, Aqiela Fadya Haya dari Pondok untuk bernyanyi bersama saya dan untuk menunjukkan kepadanya semangat teman-teman sebayanya yang akan berkompetisi di sini," kata Novia sebelum berduet dengan Haya menyanyikan sebuah lagu berbahasa Turki. Emha Ainun Najib tampil sebagai penutup penampilan "Kyai Kanjeng" dan terdengar menyapa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang berada di tribun utama.

Ribuan penonton yang terdiri dari siswa dan guru madrasah se-Indonesia dan juga masyarakat sekitar sangat terpukau dan antusias menyaksikan gelaran seni dan budaya dalam rangkaian acara pembukaan Aksioma dan KSM yang ditandai dengan pencabutan wiwitan oleh Menag diiringi dengan kembang. Penonton menyaksikan penampilan band Neo Letto sebagai penampil pamungkas pada gelaran acara pembukaan ini. (Hikmah58/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan Madrasah | Tanggal: 09-08-2017 09:06


Share dengan...