Berita Pendidikan Islam

Direktur GTK Kemenag Launching Buku Wajah Indonesia dan Pesona Negeriku


Foto

Yogyakarta (Pendis)- Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad  Zain, dan Kakanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan  kompak memberikan apresiasi terbitnya buku Wajah Indonesia dan Pesona Negeriku. Hal itu mengemuka saat webinar launching kedua buku ini pada Sabtu (30/01/2021).

“Ini sebuah kebanggaan, akan kami laporkan lahirnya dua buku ini kepada Menteri Agama dan Wakil Menteri Agama,” ujar Zain. Ia mengakui, di Indonesia masih terdapat tantangan literasi. “Padahal dengan menulis itu sama saja menjaga kewarasan bangsa,” tambah Zain.

Sementara Kakanwil Edhi Gunawan juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas lahirnya dua buku ini. “Kami sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Buku ini ditulis 77 orang termasuk ada 46 guru madrasah yang ikut berkontribusi,” tandas Edhi. Sejak adanya pandemi, jelasnya, para guru di madrasah banyak memanfaatkan waktu mengajar secara daring dan Work From Home (WFH) dengan menulis. “Para guru madrasah di wilayah kami membuat antologi buku misalnya pengalaman mengajar saat pandemi. Banyak dinamika yang dialami dan dituangkan dalam tulisan,” urai Edhi.
“Bahkan saya sudah tak bisa menghitung lagi, berapa kali kami telah melaunching buku di masa pandemi ini,” terangnya. “Saya berharap kegiatan menulis seperti ini dapat terus dilakukan secara berkesinambungan,” pungkas Edhi.

Sementara pendiri dan trainer LQ7 Training, H. Zainal Ilmi menegaskan, usai melihat apresiasi yang ada maka sepantasnya dilanjutkan dengan proyek menulis selanjutnya. “Bisa dilanjutkan misalnya dengan naskah buku berjudul Indonesia Menulis agar dapat menjadi wadah para penulis lintas sektoral,” katanya.

Kegiatan webinar yang dipandu Dra. RR Ayu Dewi Widowati (Guru MTsN 1 Yogyakarta) ini dilanjutkan dengan sambung rasa usulan dari seluruh penulis yang sepakat untuk kembali menulis dan melahirkan karya selanjutnya. (bap/HIk)

Diupload oleh : HIK (-) | Kategori: Kegiatan GTK Madrasah | Tanggal: 30-01-2021 11:13