Berita Pendidikan Islam

Lima Madrasah Raih Apresiasi Berbagi Praktik Baik Pembelajaran di Masa Pandemi dari Kemendikbud - Kemenag


Foto

Jakarta (Pendis) --- Kondisi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tengah pandemi covid-19 tentunya membuat lembaga pendidikan terus berinovasi agar KBM tetap berjalan dengan baik. Pemberlakuan KBM secara Daring yang ditetapkan pemerintah menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan dalam melaksanakan KBM.

KBM secara daring sudah berlangsung selama tujuh bulan lebih. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) bekerjasama dengan  Satuan Tugas Pengangan Covid-19 dan UNICEF memberikan  apresiasi atas Praktik Baik yang dilakukan lembaga pendidikan dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi.

Kemendikbud merilis 17 lembaga pendidikan yang menerima apresiasi. Dari jumlah itu, sebanyak 5 madrasah masuk dalam daftar penerima apresiasi. Apresiasi diberikan kepada lembaga Pendidikan yang telah kembali memulai pembelajaran tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan, maupun yang melaksanakan belajar dari rumah (BDR).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A Umar mengapresiasi madrasah yang telah aktif ikut menerapkan dan ikut mensosialisakan praktik baik dalam pelaksanaan pembelajaran di tengah pandemi covid-19. Menurutnya, dengan ikut mensosialisasikan dalam bentuk video dan foto bisa menginsprasi lembaga pendidikan lain yang juga sedang terkena pandemi.

Menurut Umar, kondisi kebiasaan baru dalam pelaksanaan pemebelajaran di madrasah bukan hal yang mudah, karena harus melibatkan banyak pihak dan harus terjalin komunikasi yang baik antara pihak madrasah, peserta didik dan orang tua.

“Menyiapkan budaya baru belajari di madrasah bukanlah sesuatu yg mudah. terutama dalam kesiapan mental warga madrasah,” ujar Umar di Jakarta, Rabu (25/11).

Umar berharap, semua madrasah dapat menjalankan praktik baik dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah sesuai dengan protokol kesehatan yang telah diberlakukan oleh pemerintah. “Selamat dan sukses kepada kepala madrasah yg telah sukses menyiapkan budaya belajar baru. Dengan prestasi ini di harapkan dapat mengedukasi madrasah lain,” pungkas Umar.

Berikut daftar madrasah penerima apresiasi Berbagi Praktik Baik Pembelajaran di Masa Pandemi;

  • Kategori Belajar Dari Rumah Dalam Bentuk Video_MTs Negeri 4 Bantul
  • Kategori Pembelajaran Tatap Muka Dalam Bentuk Video_MTSN 8 Tanah Datar dan MTsN 4 Pasuruan
  • Kategori Pembelajaran Tatap Muka Dalam Bentuk Foto_MTs Negeri 3 Paser dan MAN 1 Mandailing Natal
Diupload oleh : MAR (-) | Kategori: Kegiatan KSKK Madrasah | Tanggal: 25-11-2020 22:34