Daftar Berita Pendidikan Islam

Sabtu, 18-11-2017 14:17
Guru Sehat Menuju Indonesia Hebat Bermartabat
Foto

Jakarta (Pendis) - Jika para guru di Indonesia sehat, maka menjadi modal menuju Indonesia hebat dan bermartabat. Dengan semangat ini, maka Direktorat GTK Madrasah mengadakan Jalan Sehat. Demikian disampaikan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah... Selengkapnya

 
Sabtu, 18-11-2017 09:56
5000 Guru Madrasah Ikuti Jalan Sehat Peringatan Hari Guru Nasional
Foto

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menyelenggarakan acara Jalan Sehat. Sekitar 5000 guru Madrasah yang berasal dari Jakarta, Banten dan Jawa Barat ikut menyemarakan acara Jalan Sehat tersebut.

Menteri Agama... Selengkapnya

 
Sabtu, 18-11-2017 09:49
Sesditjen Pendis: Pertahankan Marwah Kementerian Agama
Foto

Surakarta (Pendis) - "Solo: The Spirit of Java, makna dari tagline ini adalah bahwa Solo merupakan intisari dan jiwa yang merepresentasikan kehidupan dan budaya Jawa," ungkap Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis) Moh. Isom mengawali sambutan dalam Kegiatan... Selengkapnya

 
Sabtu, 18-11-2017 06:44
PORSADIN Event Strategis Rawat Islam Indonesia
Foto

Pasuruan (Pendis) - Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) III Tingkat Nasional merupakan event yang sangat strategis dalam membangun semangat kebersamaan merawat Islam-Indonesia itu.

Demikian diaampaikan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren... Selengkapnya

 
Sabtu, 18-11-2017 06:25
Dibuka Gus Ipul, PORSADIN III Diikuti 1.386 Santri Diniyah
Foto

Pasuruan (Pendis) - Sebanyak 1.386 santri Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dari berbagai provinsi berkompetisi dalam ajang Pekan Olah Raga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) III di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Pembukaan Porsadin dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa... Selengkapnya

 
Sabtu, 18-11-2017 06:19
Kisi-Kisi USBN PAI 2018 Siap Dikirim Ke Daerah
Foto

Jakarta (Pendis) - Kegiatan finalisasi sekaligus penyempurnaan kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) dilaksanakan Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI), Kamis hingga Sabtu, 16-18 November 2017 di Kota Bekasi,... Selengkapnya

 
Sabtu, 18-11-2017 00:00
IIEE Promosikan Pendidikan Islam Yang Berkontribusi di Indonesia
Foto

Jakarta (Pendis) - Kontribusi fundamental lembaga pendidikan Islam Indonesia menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga terbesar yang berhasil melaksanakan demokrasi setelah Amerika dan India.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Kamaruddin Amin... Selengkapnya

 
Kamis, 16-11-2017 22:53
AICIS 2017: Ajang Temu Konsultasi Penulis-Pengelola Jurnal Terbesar
Foto

Jakarta (Pendis) - Persiapan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) Tahun 2017 menjelang hari H pelaksanaan makin terlihat mantap. Hal itu juga disampaikan oleh Mamat S Burhanuddin, Ketua Panitia even internasional ini pada saat menyampaikan... Selengkapnya

 
Kamis, 16-11-2017 15:32
Ditjen Pendis Akan Beri Insentif Guru Madrasah Non PNS
Foto

Jakarta (Pendis) - Pembayaran tunjangan profesi guru madrasah sudah berproses pada tahun 2017 ini. Dan dalam rangka meningkatkan motivasi, kinerja, dan kesejahteraan Guru Madrasah Bukan Pegawai Negeri Sipil (GBPNS), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis)... Selengkapnya

 
Rabu, 15-11-2017 22:08
Gandhes Gayatri IAIN Tulungagung Sabet Juara III Nasional Festival Budaya 2017
Foto

Tulungagung (Pendis) - Gandhes Gayatri, sebuah komunitas seni IAIN Tulungagung berhasil meraih Juara 3 Nasional pada Festival Budaya 2017 yang diselenggarakan Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang pada Rabu (15/11).

Gandhes Gayatri fokus pada kesenian tari. Komunitas seni... Selengkapnya

 
Halaman

Index Berita

Tanggal Bulan Tahun Kategori

International Islamic
Education Exhibition



ICE-BSD City, 21-24 November 2017
Theme: Indonesian Islamic Education for Global Peace

Selengkapnya

Tolak Gratifikasi

Zona Integritas Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

Madrasah

Lembaga Pendidikan Formal Dibawah Kementerian Agama dari tingkat Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Aliyah.

Selengkapnya

Pendidikan Diniyah &
Pondok Pesantren


Pemerataan pembangunan ke seluruh masyarakat melalui pendidikan diniyah dan pondok pesantren.

Selengkapnya

Pendidikan Tinggi
Keagamaan Islam


Pengelolaan terhadap Perguruan Tinggi Agama Islam baik Negeri maupun Swasta.

Selengkapnya
Data Pendidikan Islam (EMIS)
Data Pokok terdiri dari semua Jenjang Pendidikan
Regulasi Pendis
Regulasi terkait Pendidikan Islam
Bantuan dan Layanan.
Daftar Layanan Publik dan Bantuan
E-Book Pendis
Kumpulan Publikasi dan Informasi dalam bentuk digital


Assalamu alaikum Wr. Wb.
Para pembaca yang kami hormati. Selamat datang di situs web Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat juga diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, program pendidikan Islam saat ini telah menyentuh sejumlah target strategis, seperti peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD); peningkatan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun); peningkatan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Islam; peningkatan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas; peningkatan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan umum; serta peningkatan tata kelola pendidikan agama.
Target-target strategis tersebut dituangkan melalui berbagai kegiatan berskala nasional, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bidik Misi, beasiswa bagi siswa/santri/mahasiswa berprestasi, rehabilitasi ruang kelas, bantuan peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan guru/dosen, sertifikasi guru/dosen, tunjangan guru/dosen, pengembangan madrasah unggulan, penerapan kurikulum RA/Madrasah, dan lain-lain.
Melalui media situs web ini, pembaca diharapkan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Selamat membaca.
Wassalam,
Kamaruddin Amin
Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama R.I

Pengumuman

Pengumuman Lainnya ...


LAYANAN PUBLIK

  Foto Galeri

Galeri Foto Lengkap...


Buku Statistik

  Berita



Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Index Berita ...

  Artikel Pilihan



Foto
Foto
Foto




  Diskusi Pendis

  Download

  Twitter

  Facebook